BI: Inflasi awal Oktober 0,01%

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Survei pemantauan harga yang dilakukan Bank Indonesia mencatat pekan pertama Oktober 2018 terjadi inflasi 0,01% secara bulanan (month to month) dan secara tahunan inflasi tercatat sebesar 2,89%.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, hingga awal Oktober ini secara umum seluruh harga di pasar terkendali. Bahkan, ada beberapa produk yang mencatatkan deflasi seperti harga bawang. 

Sedangkan harga cabai sedikit naik. Sehingga, “(awal Oktober) Menunjukkan inflasi rendah dan stabil,” jelas Perry di kompleks BI, Jumat (5/10).

Hasil pantauan BI berbeda ketimbang catatan deflasi dua bulan lalu. Pada Agustus terjadi deflasi 0,05% mtm kemudian turun lagi pada September 2018 menjadi 0,17% mtm. 

Sementara itu, tingkat inflasi tahunan September berada di level 2,88% (year on year/yoy). Ini merupakan yang terendah dalam tiga tahun terakhir. Sebagai perbandingan, pada September 2017 tingkat inflasi 3,72%, sedangkan September 2016 sebesar 3,07%.

Melihat kondisi tersebut Perry optimistis laju inflasi akan terjaga di angka 3,5% sampai akhir 2018. Tentunya ini sesuai dengan target pemerintah.

“Inflasi akhir tahun di bawah titik tengah sasaran 3,5%, kemungkinan lebih rendah,” pungkasnya.

Reporter: Benedicta Prima
Editor: Herlina Kartika

Reporter: Benedicta Prima
Editor: Herlina Kartika

DATA INFLASI