Kemsos ajukan anggaran 567 miliar untuk rehabilitasi gempa NTB

KONTAN.CO.ID –¬†JAKARTA. Kementerian Sosial (Kemsos) mengajukan anggaran untuk rehabilitasi pasca bencana gempa di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Jumlah anggaran yang diminta mencapai Rp 567 miliar. Angka tersebut digunakan untuk membantu masyarakat korban gempa NTB sebelum ekonomi pulih.

“Total kebutuhan anggaran perlindungan sosial Rp 567,68 miliar,” ujar Kepala Biro Perencanaan yang juga Juru bicara media center Kemsos Adi Karyono saat konferensi pers, Jumat (5/10).

Anggaran tersebut akan disalurkan ke dalam beberapa program. Antara lain adalah bantuan jaminan hidup untuk korban bencana.

Bantuan tersebut diberikan mengingat perlu waktu sebelum ekonomi warga menjadi pulih dan perbaikan rumah selesai. Dana yang diberikan sebesar Rp 10.000 per jiwa per hari dengan jangka waktu paling lama tiga bulan.

Total untuk seluruh daerah yang terdampak bencana NTB mencapai Rp 322,22 miliar. Setelah perbaikan rumah, ada pula bantuan untuk mengisi keperluan rumah sebesar Rp 3 juta.

“Setelah selesai akan menempati rumah juga akan ada bantuan,” terang Adi.

Selain itu ada pula santunan untuk korban luka sebesar Rp 3,69 miliar. Sementara untuk santunan korban meninggal dunia sebesar Rp 15 juta per orang telah dilakukan oleh Kemsos.

Reporter: Abdul Basith
Editor: Herlina Kartika

Reporter: Abdul Basith
Editor: Herlina Kartika

GEMPA BUMI