Ada ketidakseimbangan kualitas dan kuantitas ASN antara pusat dan daerah

KONTAN.CO.ID –¬†JAKARTA. Kualitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dinilai masih terdapat kesenjangan antara di daerah dengan ASN di pemerintahan pusat. Kesenjangan tersebut terjadi baik secara kualitas mau pun kuantitas.

“Ada ketidakseimbangan kualitas dan kuantitas di daerah dan pusat,” ujar Kepala Staf Presiden, Moeldoko saat membuka diskusi Leaders Talk, Selasa (9/10).

Oleh karena itu Moeldoko bilang perlu ada perbaikan kinerja birokrasi. Pasalnya birokrasi merupakan hal yang penting dalam tata negara.

Kualitas ASN akan menentukan jalannya birokrasi. Penyetaraan kualitas dan kuantitas ASN diperlukan agar birokrasi menjadi lebih baik.

“Distribusi ASN ke daerah terluar dan terpencil,” terang Moeldoko.

Selain itu untuk mengembangkan ASN juga diperlukan penguatan pengawasan sistem merit. Sistem merit adalah kebijakan dan manajemen ASN berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi, dan kinerja.

Pengembangan ASN juga dapat dilakukan dengan pemberlakuan sistem reward dan punishment. Selain itu Moeldoko juga bilang perlu ada peningkatan kesejahteraan untuk ASN dan pensiunan sehingga dapat bekerja lebih baik.

Reporter: Abdul Basith
Editor: Yudho Winarto

Reporter: Abdul Basith
Editor: Yudho Winarto

PNS