9 waduk di Jakarta Barat dinaturalisasi menjelang musim hujan

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Barat Imron menyebut, ada 9 waduk di wilayahnya yang akan dinaturalisasi jelang memasuki musim hujan.

Kesembilan waduk tersebut yaitu Waduk Tomang, Waduk Rawa Kepa, Waduk Hankam 1, Waduk Hankam 2, Waduk Grogol, Waduk Wijaya Kusuma, Waduk Bojong, Waduk Hutan Kota Srengseng, dan Waduk Peternakan.

“Naturalisasi ini bertujuan agar waduk di Jakarta Barat dapat difungsikan warga sekitar. Contohnya untuk bersantai bersama keluarga, dan dapat jadi tempat sarana olahraga,” kata Imron, kepada wartawan, Minggu (14/10).

Imron mengatakan, rencana naturalisasi kesembilan waduk tersebut telah diajukan ke Pemrov DKI Jakarta. Ia berharap, hasil naturalisasi seperti jogging track dapat dimanfaatkan warga. Selain itu, hasil naturalisasi waduk-waduk tersebut diharapkan bisa mempermudah akses transportasi dan nyaman untuk jadi tempat berkumpul warga.

Tak hanya naturalisasi, rencananya juga akan dilakukan pengerukan waduk jelang musim hujan. Pengerukan waduk dilakukan untuk mengangkat sedimen lumpur agar menambah kapasitas daya tampung air.

Pengerukan sudah dilakukan di dua waduk yakni Waduk Peternakan dan Waduk Wijaya Kusuma.  “Namun, untuk Waduk Hutan Kota Srengseng, harus izin ke Dinas Kehutanan dan Pemakaman. Tahun lalu, untuk waduk itu telah dikeruk cukup dalam. Mungkin rada dangkal saat ini karena musim kemarau,” kata dia. (Rima Wahyuningrum)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Jelang Musim Hujan, 9 Waduk di Jakarta Barat Dinaturalisasi “

Sumber : Kompas.com
Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Sumber : Kompas.com
Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

DKI JAKARTA

Cara DAFTAR POKER Domino Qiu Qiu Capsa Susun Online Indonesia di Situs Agen Judi Terpercaya Assosiasi Resmi Dewapoker IDN Bank BCA, BNI, BRI dan Mandiri.