Ada Belanda dalam daftar wisman terbanyak selama Asian Games

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Perhelatan Asian Games 2018 di Indonesia menjadi daya tarik bagi wisatawan mancanegara (wisman). Tidak hanya bagi masyarakat Asia, terdapat pula wisman dari benua Eropa.

Wisman asal Belanda masuk dalam urutan 10 besar wisman terbanyak selama pesta olahraga terbesar di Asia ini berlangsung.

“Ada Belanda urutan ke sembilan karena berdasarkan kode negara dalam nomor telepon,” ujar Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) / Kepala Badan Perencanaan (BPN) Bambang Brodjonegoro dalam acara Forum Merdeka Barat (FMB) 9, Selasa (16/10).

Data tersebut diakui menarik bagi Bambang. Namun, wisman asal Belanda tersebut diprediksi bukan merupakan orang asing.

Bambang bilang, wisman asal Belanda yang datang menonton Asian Games merupakan warga Indonesia. Kemungkinan terbesar warga Indonesia tersebut telah berganti kewarganegaraan.

“Diperkirakan adalah warga Indonesia yang tinggal di Belanda dan sudah jadi warga negara Belanda dan melihat ada event besar di Indonesia mereka kembali,” terang Bambang.

Hal itu diperlihatkan Bambang dengan melihat waktu tinggal Wisman Belanda di Indonesia. Waktu tinggal rata-rata Wisman Belanda di Indonesia mencapai 15 hari. Hal itu merupakan waktu tinggal terlama ketiga setelah India dan China.

Tercatat, wisatawan mancanegara yang datang berkunjung ke Indonesia untuk menonton pertandingan mencapai hampir 80.000 orang.  Dengan wisatawan asal China, Jepang, dan Korea adalah pengunjung terbanyak.

wisatawan dengan waktu tinggal terlama berasal dari India sebanyak 17 hari, China sebanyak 16 hari, dan Belanda sebanyak 15 hari.

Sedangkan, jumlah visit atau kunjungan tercatat sebanyak 267.141. Secara rata-rata, satu orang wisatawan mancanegara melakukan kunjungan ke venue Asian Games sebanyak 3-4 kali. “Satu orang wisatawan domestik hanya melakukan kunjungan 1-2 kali,” ujarnya.

Reporter: Abdul Basith
Editor: Yudho Winarto

Reporter: Abdul Basith
Editor: Yudho Winarto

ASIAN GAMES