Presiden dorong seluruh daerah ciptakan lingkungan tanah bagi kaum difabel

KONTAN.CO.ID –¬†JAKARTA. Presiden Joko Widodo akan mendorong seluruh daerah untuk menciptakan lingkungan yang ramah terhadap masyarakat berkebutuhan khusus atawa difabel.

Hal itu ia sampaikan saat meninjau langsung kawasan Gelora Bung Karno terhadap fasilitas-fasilitas bagi kaum difabel. Menurut Presiden, fasilitas yang berada di GBK ini 80% sudah baik.

Hal itu dilihat dari toiletnya, musholanya, trotoar hingga akses menuju ke penonton. Untuk itu ia berharap, tak hanya Jakarta di daerah-daerah lain juga menerapkan hal yang sama terhadap bangunan publik, fasilitas umum dan transportasi untuk ramah kepada kaum disabilitas

“Nanti kami ingin mendorong agar semua provinsi, semua kota, semua kabupaten itu ramah teradap disabilitas,” katanya kepada wartawan, Selasa (16/10).

Apalagi hal tersebut juga merupakan amanat dari UU No. 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas. Bahkan Presiden menyampaikan, dirinya akan mengaitkan komponen pajak dab insentif lain serta izin layak fungsi kepada daerah demi mendorong hal tersebut.

Dirinya juga sudah berencana ingin membicarakan serius terkait hal ini dengan kaum difabel. “Nanti bicaranya akan saya undang ke istana, saya juga akan bicara mengenai kewirausahaan dengan rekan-rekan difabel,” katanya.

Reporter: Sinar Putri S.Utami
Editor: Sanny Cicilia

Reporter: Sinar Putri S.Utami
Editor: Sanny Cicilia

INDUSTRI KONSTRUKSI